Langsung ke konten utama

Trip To Thailand 2018: Hua Hin Part 2

Hua Hin
Hua Hin, sebuah kota di Thailand yang ga populer jika dibandingkan dengan Bangkok atau Phuket. Ga sedikit yang nanya " Lo ngapain sih ke Hua Hin?" Yang nanya ga salah juga soalnya emang kota ini ga begitu populer sebagai destinasi wisata. Tujuan saya ke Hua Hin adalah pengen liat hal berbeda aja (anaknya pengen beda!). Sebelum berangkat saya sempat browsing soal Hua Hin, hasilnya Hua katanya didominasi sama wisatawan yang sudah berumur. Bener juga sih, selama saya keliling-keliling emang kebanyakan orang-orang yang sudah berumur. Jadi meh dong? Engga! Hua Hin sebenernya punya beberapa destinasti populer lho, seperti Santorini Park, The Venezia, Swiss Sheep Farm, Camel Republic, dan lainnya. Tapi saya malah ga tertarik ke beberapa tempat tersebut karena itu kayak main-stream banget dan kurang authentic aja kalau menurut saya sih.  (plus minim budget, uhuk)







Berfoto ala-ala di waterfront Hua Hin, Thailand
Lalu kemana saya melanjutkan perjalanan di Hua Hin? Setelah tertidur lagi dan  terkesima dengan sunrise di Jetty Hostel saya memutuskan berjalan menuju waterfront. Ini juga tips dari si yang punya hostel katanya bakal nemu hal menarik di sana. Saya pun mengikuti dan berjalan menuju waterfront. Saya sempat bingung mana akses menuju waterfront karena terlihat semua di tutup.  Saya memilih masuk perkampungan warga sampe akhirnya nemu jalan naik ke waterfront. Di sana kita bisa liat banyak yang mancing trus kita bisa liat kapal-kapal di sekitar waterfront. Dari sekian banyak pengunjung yang hilir mudik di sana, saya ga nemu juga pengunjung dari Asia apalagi Indonesia, kecuali penduduk lokal yang emang tinggal di sana. Berdiri dan duduk di waterfront ini rasanya waktu seperti berhenti, sudah sedekat ini saya sama lautan lepas. Saya habiskan waktu (selain berfoto) dengan duduk-duduk bengong sambil liatin yang mancing. 


Suasana jalanan Naresdamri
Ga kerasa sudah satu jam, saya memutuskan untuk melanjutkan penjelajahan saya yang ga terlalu jauh dari hostel. Saya telusuri jalan Naresdamri yang semalem saya lewati dan pengalaman di hari yang terang benar-benar berbeda. Sepanjang jalan saya melewati banyak sekali cafe, restaurant, mini market, dan lainnya dengan kondisi lebih hidup. Tidak seperti malam hari dimana hanya beberapa spot saja yang masih menyala. Saya terus menelurusi dan menikmati jalan kecil ini yang rupanya mirip seperti di Bali, sampai-sampai saya terhenti ke sebuah kuil kecil berwarna merah, Jao Mae Tub Tim Shrin. Mungkin agak susah sih nyari namanya apa, cuma kalau ikutin jalan Naresdamri lurus terus nemu beberapa gambar demonstratsi penolakan trus jalan akan menemukan sebuah kuil kecil berwarna merah. Kuil ini juga merupakan penanda kalau saya udah sampai ke Pantai Hua Hin. 

Pantai Hua Hin, sampai juga saya di sini. Akhirnya saya nemu juga pengunjung Asia dan pengunjung (relatif) berusia muda. Saya sejujurnya ga tau akan apa di pantai tersebut, sejauh yang saya liat pantai ini punya bibir pantai yang panjang banget. Kalau terus berjalan bakalan nemu warung-warung makanan yang deket banget ke air, entah ini emang jadi sensasinya duduk di sana atua emang lagi pasang, yang jelas kalau duduk-duduk di kursinya jangan heran kalau ada ombak mampir ke kaki. 

Di sepanjang Pantai Hua Hin banyak hotel-hotel yang jadiin pantai di sini jadi halaman belakangnya. Jadi buat kalian yang punya budget banyak bisa banget nginep di sekitar sini, contoh Hilton. Kata teman saya yang orang Thai, Hua Hin emang seringnya dijadiin tempat untuk santai dan ga ngapa-ngapain makanya banyak yang staycation di sini. Saya sebagai traveler yang wise banget sama budget memilih duduk di pasir sambil tidur-tiduran menikmati sinar matahari yang enak banget kena muka. Di sini bener-bener waktu yang berkualitas tinggi karena sinyal handphone ga ada, hasilnya bener-bener fokus ke suasana pantai dan ga mikirin apa yang terjadi di handphone. Mungkin saya harus mulai cari daerah tak bersinyal lainnya.


Kalau lewat balik pasti nemu ini spot!
Ga kerasa satu jam lebih dan waktu check out udah masuk, duh saya langsung buru-buru ngibrit balik ke hostel. Dengan kaki lecet gara-gara sendal kena pasir saya terus jalan cepet menuju hostel. Sampai akhirnya saya sampe ke Jetty Hostel dan ketemu si pemiliknya yang lagi main Ipad. Saya bilang ke dia abis mandi saya mau check out. Dia sih cengar cengir aja, trus kepikiran nanya si ibu gimana cara biar bisa ke tempat berikutnya terus pulang. Si pemiliknya super helpful dengan bahasa yang terbata-bata dia coba bantu saya dapetin ojek yang mau anter saya ke Seen Space terus ke travel untuk balik ke Bangkok seharga 100 Baht. Saya bergegas siap-siap untuk balik dan lanjut ke destinasi berikutnya. 

Setelah saya siap tidak lupa saya pamitan sama si ibu Jetty Hostel ini, doi punya kebiasaan setiap tamu yang check out harus isi testimonial di buku tamu dan difoto di iPad yang kemudian bakal dia post di Instagram. Setelah nulis dan berfoto saya pamit dan berterimakasih ke si ibu atas hostelnya dan bantuannya. Guys kalau budget tipis dan butuh owner yang care, ke Jetty Hostel deh kalau ke Hua Hin. 

Seen Space
Akhirnya saya sampe ke Seen Space! Saya dianter sama ojek dari hostel ke Seen Space, si ojek ini berjanji akan jemput dua jam lagi tentu dengan bahasa tarzan. Saya sempet ga yakin gimana kalau si ojek ini kabur dan ga balik-balik lagi. Ya udah deh, mending fokus nikmatin Seen Space sambil lunch di sini. Oiya Seen Space itu sebuah tempat yang isinya ada hotel, tempat makan, club, dan jualan. Tempat ini populer di kalangan anak muda Thailand bahkan buat orang Indonesia, banyak banget DM yang masuk bilang "Ke Seen Space deh cobain". Pas sampe emang bener-bener cocok buat anak HITS yang pengen update feed Instagramnya jadi makin super HITS. Kalau mau diandai-andai tempat ini kayak Jardin Cafe versi super luas dan ada pantainya. Dibilang mirip OMNIA di Bali juga engga sih, pokoknya tempat kekiniannya di Hua Hin (yang engga jiplak dari Santorini, eh). 
Seen Space View
Di Seenspace saya keliling cari makan karena siang hari masih ada beberapa tenant yang belum buka dan kebanyakan jual pork. Sampai akhirnya saya memutuskan makan burger dan minuman manis seharga kurang lebih 200 Baht. Makan burger sambil liatin dedek-dedek pada pesen trus foto-foto, saya jadi merasa tua. Kenyang di sana saya liat cemilan kayak poffertjes tapi bukan, pas dideketin ternyata disebutnya mini souffle yang isinya macem-macem. Nama tempantnya Pan Pan, saya pilih yang isi nutella pake es krim. Enak sih buat cuci mulut. Harganya saya lupa, kalau ga salah sih sekitar 100 Baht. 

Mini Souffle di Pan Pan
Chicken Burger 
Perut kenyang terus saya ambil beberapa foto sambil santai-santai. Ga kerasa udah 2 jam dong di sana, trus saya bergegas untuk pulang sambil was-was si ojek ada ga ya. Dengan langkah tergopoh-gopoh saya ke lobby dan si ojek ada di sana, takjub sih bisa jujur banget. Saya dianter ke pool tempat travel ke Bangkok. Menurut si yang punya hostel cukup cari "Click Night Club" di maps lalu akan terantar ke travel. Harga travel ini sendiri seharga 180 Baht, gila kan ga sampe 700an kayak kereta yang ga sengaja kebeli. Cuma, harus extra hati-hati nih kalau mau naik pastiin berkali-kali mobil yang bakal dinaikin yang mana biar ga nyasar soalnya banyak banget mobil serupa dengan tujuan berbeda-beda. Satu lagi tipsnya, bawa makanan dan minuma sendiri! Mobil ini akan berhenti sebentar untuk isi bensin cuma rest areanya isinya pork semua. Jadi lebih baik bawa perbekalan sendiri. Perjalanan di tempuh kurang lebih 3-4 jam tergantung kondisi lalu lintas. Untuk menginap di Bangkok selanjutnya saya memutuskan untuk menginap di One Day Hostel.

Akhirnya saya memahami kenapa Hua Hin banyak dipilih oleh turis-turis tua, tidak lain dan tidak bukan karena suasananya yang super tenang jauh dari kesan berisik. Di Hua Hin bukan tidak ada keramaian, tapi semua masih dalam batas yang wajar. Buat kalian yang masih muda juga ga ada salahnya buat main ke Hua Hin, ga melulu isinya yang tua-tua kok. Banyak spot-spot terkenal di Hua Hin salah satunya Seen Space yang muda banget. Jangan lupa siapin uang tunai yang banyak kalau-kalau ATM-nya ga bisa dipakai. Selamat menjelajah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solo Traveling (part 1)

Hei apa kabar my dearest blog? Wah sudah dua tahun ya tidak ada posting sama sekali di blog ini. Bukan tidak ingin untuk menulisa lagi, hanya saja hmmmmm. Okey mari kita lewati memberikan berbagai macam alasan untuk tidak menulis, sekarang saya akan sedikit memberikan pengalaman saya seputar jalan-jalan. Rasanya sudah cukup lama sih tidak menulis sesuatu yang bersifat informatif di blog ini. Tulisan-tulisan terakhir saya berisi cerita-cerita fiksi, keluh kesah, puisi, dan hal-hal yang mungkin kurang informatif dan bermanfaat (tapi cukup menghibur kan?). Bukan sok nasionalis sih, tapi emang Indonesia itu negara yang luas dan punya banyak sekali tempat-tempat yang bisa dikunjungi.   Saya tiba-tiba baru sadar bahwa saya sudah terlalu sering jalan-jalan. Memang sih saya belum bisa dikategorikan sebagai backpacker sejati atau traveler akut. Apalagi kalau mau adu jumlah negara yang dikunjungi, duh saya masih cupu sekali. Selain karena waktu dan ehem budget, saya lebih fokus u

8 Hari Jelang Premiere

Ternyata saya mengalami ketakutan luar biasa jelang premiere. Takut kalau filmnya malah dihujat orang, takut kalau dengar selentingan "Ih filmnya ga banget deh". Takut juga denger "Duh Sutradaranya payah nih". Dan komentar-komentar lainnya yang bisa menyayat hati. Sumpah. Ini baru pertama kalinya film pendek yang saya sutradarai di putar secara umum. Dan ternyata rasanya lebih fantastis. saya malah jadi takut jangan-jangan tidak ada yang mau nonton film "Senja" lagi. Wajarkan ya kalau sutradara amatir semacam saya mengalami kegugupan ini? Mudah-mudahan saja semua berjalan lancar. Acaranya banyak yang datang dan tidak mengecewakan. Amien

Review: The Other Boleyn Girl

I give 4,5 star from 5 for this movie. Wow. Satu lagi jajaran film yang masuk film kategori “sangat bagus” menurut saya. Saya baru berkesempatan menonton film ini hari ini. Dan ternyata tidak pernah ada kata terlambat untuk film bagus. Ceritanya sendiri sangat complicated, bukan sekedar cinta, tapi juga melibatkan nafsu, ambisi, politik, humanity, dan berbagai kata lain yang akan muncul setelah saya menonton film ini.Film ini sendiri diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama karangan dari Philippa Gregory. Saya sebenarnya agak kebingungan apakah ini kisah nyata atau hanya fiksi sebagaian berkata ini fiksi namun ada beberapa hal yang memang bersumber dari sejarah Inggris. Tapi kali ini saya bukan mau concern ke sejarahnya melainkan ke film nya (tapi penasaran dengan sejarah aslinya). Film ini sendiri bukanlah film yang baru sudah ada dari tahun 2008 di luar negeri sana. Saya kurang tau nasib film ini di Indonesia, apa sudah beredar atau tidak. Film ini bercerita tentang sebuah