Langsung ke konten utama

11 favorite movie 2010

Yeah, akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk membuat sebuah chart, the 11 favorite movie of the year.

Tahun ini banyak sekali film animasi yang bagus-bagus, dan saya juga baru sadar kalau tahun ini banyak comedy romantis yang menggunakan unsur action di dalamnya mulai dari Date Night, Killers, Knight and Day, dan The Bounty Hunter.Tapi bukan berarti tahun ini film-film yang rilis monoton, banyak juga film-film yang cukup unik dan berbeda tahun ini sebut saya Inception, Burried, Babies, dan Kick-Ass. Dan tidak usah berlama-lama lagi inilah 11 film paling saya sukai tahun ini, sebelumnya saya tidak menilai seperti juri-juri oscar, jadi ya harap maklum kalau penilaian saya kurang baik. Dan saya akan memulainya dengan hitungan mundur.





11. Kick Ass
Yes film Kick Ass hadir sebagai pembuka di jajaran 11 film paling favorit tahun ini. Kick Ass adalah salah satu film yang paling saya ingat tahun ini. Awalnya saya menduga bahwa film ini adalah film lelucon semacam Superhero Movie. Ternyata saya salah besar, film ini menyuguhkan sesuatu yang berbeda.

10. Megamind
Tahun ini banyak sekali film animasi yang rilis, dan hampir semuanya bagus. Tapi saya memasukan Megamind ke dalam chart karena Megamind memiliki nilai lebih dari segi cerita. Selain cerita yang amat menarik, film ini juga didukung oleh pengisi suara yang namanya sudah tidak asing lagi mulai dari Will Ferrel, Tina Fey, dan Brad Pitt.




9. Frozen
Siapa bilang membuat film yang menengangkan harus dengan budget besar, banyak darah, pisau-pisau, atau hal-hal lainnya yang biasa muncul di film thriller. Frozen membuktikannya dengan baik. Film ini sebenarnya memiliki cerita yang sangat sederhana, 3 orang terjebak di lift ski dan sepanjang film kita akan melihat bagaimana mereka bertiga bertahan. Sutradara film ini Adam Green mampu menghadirkan ketegangan dengan cerita yang sederhana.

8. Shutter Island
Martin Scorsese hadir kembali tahun ini dengan film yang superb! Shutter Island sukses membuat beberapa forum dunia maya berdebat kusir mengenai cerita hingga ending film ini. Rata-rata memperdebatkan apakah Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio) gila? Saya tidak akan ikut-ikutan membahas hal itu, tapi dari sana saya tau bahwa Martin sukses membuat memutar-mutar otak kita selama menonton film ini.
7. Buried
Surprising Movie menurut saya, karena film ini hanya menghadirkan satu cast, satu tempat, dan satu situasi. Saya baru sekali menonton fillm dengan konsep unik seperti ini. Film Buried bercerita tentang seorang Paul Conroy (Ryan Reynolds) yang dikubur dalam sebuah peti dalam kondisi hidup. Konsep yang unik serta permainan kamera yang baik menjadi nilai lebih dari film ini. Tapi jangan sampai film ini diperdebatkan karena handphone yang dipakai Paul memiliki pulsa yang banyak, oh mungkin HP itu memakai sistem pasca bayar.
6. Babies
I love this movie! Ini adalah film paling berbeda tahun ini. Babies sukses membuat saya senyum-senyum sampai tertawa-tawa melihat tingkah ke-4 bayi dari awal sampai akhir film. Yang membuat saya salut akan film ini adalah waktu syuting film ini yang pasti sangat lama dari lahir sampai mereka bisa berjalan. Pasti bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan konsistensi yang luar biasa. Namun penantian syuting yang begitu lama menghasilkan film yang sepadan.
5. Toy Story 3
Woody dan Buzz hadir lagi tahun ini, setelah sekian lama tidak muncul. Dan seperti biasanya Toy Story selalu memesona dari yang pertama sampai yang ke-3. Kali ini Toy Story hadir dalam format 3D. Meskipun saya tidak menonton format 3D-nya saya sudah cukup puas menonton Toy Story, film ini memiliki cerita yang sangat baik dan membuat saya benar-benar fokus dari awal hingga akhir, sepertinya film ini mempunyai magnet yang begitu luar biasa.

4. The Legends Of Guardians
Film ini benar-benar menyajikan animasi yang sangat berkelas. Berlebihan? Saya rasa tidak, setiap scene-nya digambarkan dengan detail. Selain itu cerita dalam film ini pun cukup menghibur. Saya tidak bisa berkata banyak mengenai film animasi ini, yang pasti untuk yang belum pernah menonton film ini, buruan ya (promosi).
3.The Social Network
Film ini kehadirannya cukup kontroversial. Tapi dibalik kontroversi kebenaran akan cerita seorang Mark Zuckerberg, film ini hadir dengan dialog-dialog yang super cepat. Walaupun pada awal-awal film saya merasa cukup ngantuk, tapi di pertengahan film saya mulai bisa masuk dan menikmati cerita. Apalagi posisi Eduardo. Film ini memang layak jika dijadikan kandidat oscar. Ya kita tunggu saja nanti, oiya ada sebuah quote yang saya sukai di film ini, The internet's not written in pencil, Mark. It's written in ink.

2. Harry Potter : The Deathly Hallows
Saya juga masih sulit percaya kenapa saya memasukan film ini di posisi ke-2. Tapi yang pasti film Harry Potter kali ini benar-benar meninggalkan kesan yang baik. Dan saat film ini berakhir saya semakin tidak sabar menunggu part 2 nya tahun 2011. Jadi mungkin karena film ini tidak diduga akan bagus, dan ternyata memuaskan jadinya saya menaruhnya di posisi 2.



1. Inception
Jenius! Itulah sebuah kata yang keluar dari pikiran saya ketika keluar dari bioskop sambil ikut memikirkan juga film itu baik-baik. Dan hebatnya lagi Nolan menulisnya sendiri. Dua jempol buat Christopher Nolan. Selain ide cerita yang baik, film ini juga didukung oleh cast-cast yang superb sekali. Sebut saja Leonardo DiCaprio, Ken Watanabe, Joseph Gordon-Levitt,dan Ellen Page seperti sudah ada jaminan mutu. Paket komplit itulah yang membuat film ini jadi nomer 1 pilihan saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengingat

Beberapa hari ini saya banyak mengingat. Aktivitas yang kadang padatnya minta ampun, kadang juga kosongnya bikin ngelamun. Penyakit lupa saya makin menjadi, menurut mitos katanya yang pelupa itu banyak salah ama orangtua. Tapi secara ilmiah ada yang bilang orang pelupa gara-gara kebanyakan makan makanan yang banyak mengandung MSG. Ya meskipun, masih banyak lagi penyebab-penyebab lupa lainnya, yang saya pun belum tau pasti, saya menjadi pelupa seperti ini gara-gara apa. Saya mencoba meningat-ingat apa-apa saja yang terjadi beberapa hari ini, beberapa minggu ini, beberapa bulan ini, dan beberapa tahun ke belakang. Dan begitu banyak yang terjadi, sampai-sampai saya tida bisa mengingat semuanya, hanya kejadian-kejadian yang menimbulkan kesan khusus yang bisa saya ingat, itu pun samar, entah kesan baik, buruk, sedih, senang, takut, dan lainnya. Saya tidak menyangka saya sudah sampai sejauh ini, begitu banyak yang terlewati begitu saja. Saya tidak pernah menyangka apa yang ada di sekitar

Percaya Diri, Am I?

Hello, sudah lama rasanya tidak menuangkan huruf-huruf di blog ini. Daripada keburu usang dan tua saya akan mencoba menulis tentang PD. PD disini bukan mata kuliah Psikodiagnostik (sebuah mata kuliah berseri paling banyak,sampe 7 lho) yang menghiasi sanubari saya selama kuliah melainkan tentang percaya diri. Mungkin akan banyak yang bilang bahwa saya itu memiliki tingkat PD yang tinggi. Kelihatannya mungkin iya tapi nyatanya dan sejujur-jujurnya saya adalah orang yang pemalu dan mudah minder. That's the truth. Tapi sekarang bisa dibilang sudah agak mendingan dibandingkan dulu lho. Dulu waktu TK sampe SD kelas 2an saya masih suka bersembunyi dibalik ketiak Ibu saya ketika ada Om dan Tante yang ke rumah. Atau bersembunyi di kamar dengan jantung berdebar-debar karena takut ditanya (sekarang juga masih sembunyi di kamar tapi dengan alasan yang berbeda). Dan sedikit-sedikit hal itu mulai berubah ketika saya menyadari bahwa tubuh saya tidak cukup lagi untuk bersembunyi di balik ketiak Ib

Sebuah Hari Istimewa

Semua orang pasti memiliki beberapa tanggal dalam hidupnya yang dijadikan sebagai hari istimewa. Hari yang akan terasa berbeda dari biasanya. Hari dimana kita terkadang tidak bisa tidur karena tidak sabar menanti datangnya esok. Hari dimana jantung kita terasa berdebar lebih cepat dari biasanya. Hari dimana kita tidak sabaran untuk segera menemui hari itu. Itulah sesuatu yang disebut istimewa menurut saya. Ada beberapa hari, diantara 365 hari dalam setahun yang kita tandai. Saya pun memilikinya. Beberapa hari istimewa, entah itu berisi kesenangan atau berbalut kesedihan. Karena sesuatu yang istimewa tidak selalu berisi tawa. Sayangnya tidak semua orang bisa paham akan apa yang kita sebut istimewa. Saya berkata setiap kamis istimewa belum tentu orang pun dapat beranggapan sama atau minimal memahami apa yang kita rasakan saat menghadapi hari itu. Seharusnya saya dapat memahami hal itu, tidak merasa keberatan ketika orang lain menganggap hari itu adalah hari yang biasa saja. Tidak berhak