Langsung ke konten utama

Makan tepat waktu itu penting..

2 hari yang lalu flu datang, kali ini bukan flu biasa yang muncul tiap pagi. Kali ini bikin badan lemes, meriang, dan tak berdaya, haha. Ini bukan tanpa sebab, emang belakangan pola makan gue ga teratur, dibarengi ama aktivitas yang lumayan menyita waktu, tenaga, dan pikiran. Jadi inget sebuah kalimat dari guru legendaries di SMP, namanya Pak Atina, dia terkenal sangat galak dan disiplin. Waktu ngajar di kelas gue dia sering bercerita tentang masa hidup dia, emang sih dia tegas, tiap pelajaran Matematika datang, urat-urat mendadak tegang, muka mendadak kaku, tapi dari tiap pelajaran gue bisa dapet, banyak banget cerita-cerita dia, mulai dia waktu remajanya gimana, kuliah, dan cerita-cerita yang bikin gue manggut-manggut. Salah satu yang sangat gue inget adalah tentang kesehatan.

Ga heran waktu gue SMP, dia tuh udah tua banget, tapi meskipun udah tua, wibawanya makin keliatan, ga ada gumpalan lemak di perutnya seperti bapak-bapak kebanyakan, atau seperti gue yang mulai makin tambun, badannya masih terlihat kokoh. Dia bilang, “segala macam penyakit itu munculnya dari perut”, itu yang dia yakini, “Jadi cara paling sederhana menjaga kesehatan, jaga makan, jaga perut ini”, mau ga percaya, tapi dia udah ngebuktiin, di umur yang sudah sangat tua [ga tau gue umurnya berapa], dia bisa dibilang sehat. Dan emang bener sih kalo buat gue, jaga perut, itu yang penting, belakangan, emang gue kurang perhatian ama perut yang sedikit buncit ini. Sarapan, makin berkurang, selera makan di pagi hari berkurang drastis, makan siang sering telat malah jadi makan sore, terus naik motor dengan perut kosong dan angin kencang, nyampe rumah ga langsung makan, malah nonton TV, telat lagi, ya jadi otomatis gampang kena penyakit. Harusnya gue inget-inget tuh kata Pa Atina. Pola makan dijaga. Dan lagian kayaknya perut gue emang ga tangguh nih, payah. Haha. Kalo makan bener, perut terisi, penyakit pada kabur deh. Mana sempet parno, gara-gara liat berita virus H1N1 [flu babi]. Jangan sampe. [buat temen-temen yang lain yang juga dilanda flu, yang semakin banyak jumlahnya, yang juga semakin merebak, cepet sembuh ya jaga kesehatan]

Kena penyakit waktunya di rumah, istirahat, bosen, ya udah gue nonton film “Reign Over Me”. Yang dimainin ama Adam Sandler ama Don Cheadle, film ini rekomendasi dari Tyas, sekalian lagi nyari kandidat film apa yang bakalan diputer September nanti. Film ini nyeritain tentang kisah pertemanan antara Alan Johnson [Don Cheadle] ama Charlie Fineman. Mereka temen sekamar waktu kuliah dokter gigi. Mereka udah lama ga ketemu, dan suatu hari Alan ngeliat Charlie lagi bawa skuter, pas disapa, ternyata Charlie lupa ama Alan. Dan Charlie keliatan linglung. Dari sana Alan terus ngedeketin Charlie. Dan sedikit demi sedikit nemuin jawabannya, dan ternyata Charlie kena Post Traumatic Stress Disorder.

Sebenernya kedua tokoh, ditambah tokoh tambahan Donna Remar, masing-masing punya masalah dalam diri mereka. Dan dengan bertemu dengan Charlie mereka malah menemuka jalan keluarnya masing-masing. Menurut gue film ini bagus banget deh, dari segi ceritanya yang kuat,acting Adam Sandler yang lumayan menjiwai, ditambah sinematografi yang lumayan juga, meskipun alurnya berjalan lumayan lambat, tapi ga bikin ngantuk. Dan setelah nonton dapaet sesuatu yang bikin gue berpikir, segitu pentingnya teman untuk bercerita, segitu pentingnya berbagi cerita kalo ada masalah, dan dari film ini, gue bisa bilang, kalo sharing problem hidup, itu emang dibutuhin manusia. Komunikasi emang sangat penting, dan lagi-lagi perhatian, need for attention itu yang paling dasar dibutuhin manusia, [teori Agung, haha, cuma berdasarkan pemikiran semata]. Nonton lah yang pasti.

"Their lives took different paths but they found themselves on common ground"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengingat

Beberapa hari ini saya banyak mengingat. Aktivitas yang kadang padatnya minta ampun, kadang juga kosongnya bikin ngelamun. Penyakit lupa saya makin menjadi, menurut mitos katanya yang pelupa itu banyak salah ama orangtua. Tapi secara ilmiah ada yang bilang orang pelupa gara-gara kebanyakan makan makanan yang banyak mengandung MSG. Ya meskipun, masih banyak lagi penyebab-penyebab lupa lainnya, yang saya pun belum tau pasti, saya menjadi pelupa seperti ini gara-gara apa. Saya mencoba meningat-ingat apa-apa saja yang terjadi beberapa hari ini, beberapa minggu ini, beberapa bulan ini, dan beberapa tahun ke belakang. Dan begitu banyak yang terjadi, sampai-sampai saya tida bisa mengingat semuanya, hanya kejadian-kejadian yang menimbulkan kesan khusus yang bisa saya ingat, itu pun samar, entah kesan baik, buruk, sedih, senang, takut, dan lainnya. Saya tidak menyangka saya sudah sampai sejauh ini, begitu banyak yang terlewati begitu saja. Saya tidak pernah menyangka apa yang ada di sekitar

Percaya Diri, Am I?

Hello, sudah lama rasanya tidak menuangkan huruf-huruf di blog ini. Daripada keburu usang dan tua saya akan mencoba menulis tentang PD. PD disini bukan mata kuliah Psikodiagnostik (sebuah mata kuliah berseri paling banyak,sampe 7 lho) yang menghiasi sanubari saya selama kuliah melainkan tentang percaya diri. Mungkin akan banyak yang bilang bahwa saya itu memiliki tingkat PD yang tinggi. Kelihatannya mungkin iya tapi nyatanya dan sejujur-jujurnya saya adalah orang yang pemalu dan mudah minder. That's the truth. Tapi sekarang bisa dibilang sudah agak mendingan dibandingkan dulu lho. Dulu waktu TK sampe SD kelas 2an saya masih suka bersembunyi dibalik ketiak Ibu saya ketika ada Om dan Tante yang ke rumah. Atau bersembunyi di kamar dengan jantung berdebar-debar karena takut ditanya (sekarang juga masih sembunyi di kamar tapi dengan alasan yang berbeda). Dan sedikit-sedikit hal itu mulai berubah ketika saya menyadari bahwa tubuh saya tidak cukup lagi untuk bersembunyi di balik ketiak Ib

Sebuah Hari Istimewa

Semua orang pasti memiliki beberapa tanggal dalam hidupnya yang dijadikan sebagai hari istimewa. Hari yang akan terasa berbeda dari biasanya. Hari dimana kita terkadang tidak bisa tidur karena tidak sabar menanti datangnya esok. Hari dimana jantung kita terasa berdebar lebih cepat dari biasanya. Hari dimana kita tidak sabaran untuk segera menemui hari itu. Itulah sesuatu yang disebut istimewa menurut saya. Ada beberapa hari, diantara 365 hari dalam setahun yang kita tandai. Saya pun memilikinya. Beberapa hari istimewa, entah itu berisi kesenangan atau berbalut kesedihan. Karena sesuatu yang istimewa tidak selalu berisi tawa. Sayangnya tidak semua orang bisa paham akan apa yang kita sebut istimewa. Saya berkata setiap kamis istimewa belum tentu orang pun dapat beranggapan sama atau minimal memahami apa yang kita rasakan saat menghadapi hari itu. Seharusnya saya dapat memahami hal itu, tidak merasa keberatan ketika orang lain menganggap hari itu adalah hari yang biasa saja. Tidak berhak