Langsung ke konten utama

sinetron, sekarang ini..

Sebenernya, gue ga tau mau nulis apaan, berhubung lagi pengen nulis jadi ya tampaknya ga penting. Tadi pas mau bernagkat ke Gerlong, gue sempet hamper nabrak motor, hampir keserempet, dan beneran nyenggol belakang mobil. Ga tau, pikiran gue lagi kosong tadi, bengong aja. Kakak gue sampe ngamuk-ngamuk di motor. Entah efek dari sakit flu pindahan, ga tau emang otak lagi ga bekerja, [bisa gitu?]. gue jadi inget tentang berita tadi pagi, sebagai salah satu orang Indonesia, gue cukup heran ama program-program TV yang ada di negeri kita ini. Tadi pagi gue denger, berita video kekerasan yang beredar, dan lagi-lagi cewe vs cewe. Apakah itu menggambarkan kebrutalan cewek-cewe jaman sekerang, ga bias disimpulin gitu aja segh, toh masih banyak juga cewe-cewek yang masih lemah lembut [beh]. Mungkin ini sekedar sok tau gue aja negh ya, salah satu kenapa bisa kejadian itu sering muncul karena banyaknya sinetron-sinetron yang ngegambarin kalo kehidupan remaja tuh penuh dengan kejahatan yang berlebihan plus intrik drama terselip pula didalamnya. Gimana gak? Dari kecil banyak anak-anak yang duduk bareng ama ibu nya buat nonton sinetron-sinetron yang aneh-aneh [termasuk gue], yang bikin kelak udah gede nya punya pemikiran kalo kehidupan nyata tuh sama kayak sinetron [untung gue ga segitunya]. Misal di sinetron kalo ada satu orang yang ditolak ama kecenganya, mendadak satu geng marah, dan ngamuk, mungkin gara-gara hal itu, ngebuat banyak masyarakat kita berpikir yang namanya solidaritas tuh yang kayak gitu. Group think, bisa dibilang, semakin hilangnya keobjektifitasan.

Sebenernya segh ga bisa disalahin ke masyarakatnya juga, stasiun TV juga ikut terlibat, dengan menanyangkan sinetron penuh drama cinta, pas prime time, yang bikin orang-orang pada betah mantengin TV dari sore ampe malem Cuma demi sinetron. Dan bukan sepenuhnya salah stasiun TV, kalo misalnya ratingnya ga tinggi, sinetron juga ga akan ada. Rating tinggi gara-gara apa? Ya penonton itu sendiri, selamat datang di lingkaran setan, susah buat ngubah sesuatu yang udah jadi kebiasaan. Saran gue sih, kalopun nonton sinetron, ya jangan dianggap sebagai patokan hidup, toh itu Cuma hiburan, acting pula, si pemainnya juga ketawa-ketawa, abis syuting. kenapa jadi kita yang marah-marah nontonnya?

Berlanjut ke sinetron itu sendiri, gue sebagai korban nyokap yang nonton sinetron tiap malem, ya gue jadi inget apa-apa aja sinetron yang ada di TV sekarang,. Yang mau gue omongin adalah tentang kualitas sinetron yang sekarang makin menurun. Gini deh, kalo jaman dulu sinetron tuh satu judul diputer seminggu sekali, kalo sekarang tiap hari satu judul. Ya mana kepikiran tentang kualitas. Yang penting beres, bisa ditonton. Kalo dulu kamera sinetron sempet mau mulai mengalami perubahan dengan gambar yang lebih indah, contoh inget ga sinetron <span style=";font-family:";" >Pondok Indah atau Luv [buka love], atau yang paling terakhir Dunia tanpa koma, kan bagus juga klo sinetron gambarnya kayak film. Ga kayak sekarang, yang penting gambarnya pas di muka si artis, dengan lighting yang lebay, supaya jerawat artisnya ga keliatan. Makin mundur.coba aja kayak di Jepang atau Korea, berakhir atau ga kisahnya udah pasti, ga musti nunggu rating, pas rating naik, ceritanya jadi bertele-tele, kalo ratingnya jelek, eh tamatnya maksa.


Satu lagi yang gue amati, judul sinetron, kalo dulu judul sinetron tuh rada panjang, kayak “Noktah Merah Perkawinan”, “Air Mata Ibu”, dan lain-lain [lupa], ga kayak sekarang, judulnya kurang makna, cukup dengan nama tokoh utama, contoh “Alisa”, “Rafika”, “Sekar”, dan banyak lagi. Atau ga dengan dua suku kata, tapi tetep ada namanya missal “Cinta Bunga” dan Cinta Fitri”

apa ga ada judul yang lebih indah gitu? P
erasaan dulu telenovela yang judulnya cukup nama. Kok di Indonesia sekarang jadi gitu juga. Dan terakhir kenapa judul sinetron selalu nama cewek? Ga pernah nama cowok ya?

Jadi kebayang kalo sinetron judulnya nama cowok,

“Agung”

Wah ga degh kayaknya, ga komersil.

Komentar

  1. iiahh .. agungg ..
    emang kalo judulnya berubah jadi "agung" ..
    pasti gag komersil .. gag bakalan ada yang nonton itu maa ..
    hahha ..
    *candaa ..

    gung .. kamu di bayar berapa buat iklan sinetron ?
    soalnya, judul-judul nya d sebutin siih .. hoho ..

    tapi emang iiah sih gung ..
    garagara banyak sinetron yang gag mutu gini.
    bisa berdampak kurang baik juga buat generasi kita selanjutnya ...
    masalahnyakan anak-anak yang masih gag tau apapa, jadi terbawa-bawa ..
    ntar dia pikir, kalo kehidupan nyatanya tuh kaya disinetron-sinetron yang lebay ..
    hoohoo

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengingat

Beberapa hari ini saya banyak mengingat. Aktivitas yang kadang padatnya minta ampun, kadang juga kosongnya bikin ngelamun. Penyakit lupa saya makin menjadi, menurut mitos katanya yang pelupa itu banyak salah ama orangtua. Tapi secara ilmiah ada yang bilang orang pelupa gara-gara kebanyakan makan makanan yang banyak mengandung MSG. Ya meskipun, masih banyak lagi penyebab-penyebab lupa lainnya, yang saya pun belum tau pasti, saya menjadi pelupa seperti ini gara-gara apa. Saya mencoba meningat-ingat apa-apa saja yang terjadi beberapa hari ini, beberapa minggu ini, beberapa bulan ini, dan beberapa tahun ke belakang. Dan begitu banyak yang terjadi, sampai-sampai saya tida bisa mengingat semuanya, hanya kejadian-kejadian yang menimbulkan kesan khusus yang bisa saya ingat, itu pun samar, entah kesan baik, buruk, sedih, senang, takut, dan lainnya. Saya tidak menyangka saya sudah sampai sejauh ini, begitu banyak yang terlewati begitu saja. Saya tidak pernah menyangka apa yang ada di sekitar

Percaya Diri, Am I?

Hello, sudah lama rasanya tidak menuangkan huruf-huruf di blog ini. Daripada keburu usang dan tua saya akan mencoba menulis tentang PD. PD disini bukan mata kuliah Psikodiagnostik (sebuah mata kuliah berseri paling banyak,sampe 7 lho) yang menghiasi sanubari saya selama kuliah melainkan tentang percaya diri. Mungkin akan banyak yang bilang bahwa saya itu memiliki tingkat PD yang tinggi. Kelihatannya mungkin iya tapi nyatanya dan sejujur-jujurnya saya adalah orang yang pemalu dan mudah minder. That's the truth. Tapi sekarang bisa dibilang sudah agak mendingan dibandingkan dulu lho. Dulu waktu TK sampe SD kelas 2an saya masih suka bersembunyi dibalik ketiak Ibu saya ketika ada Om dan Tante yang ke rumah. Atau bersembunyi di kamar dengan jantung berdebar-debar karena takut ditanya (sekarang juga masih sembunyi di kamar tapi dengan alasan yang berbeda). Dan sedikit-sedikit hal itu mulai berubah ketika saya menyadari bahwa tubuh saya tidak cukup lagi untuk bersembunyi di balik ketiak Ib

Sebuah Hari Istimewa

Semua orang pasti memiliki beberapa tanggal dalam hidupnya yang dijadikan sebagai hari istimewa. Hari yang akan terasa berbeda dari biasanya. Hari dimana kita terkadang tidak bisa tidur karena tidak sabar menanti datangnya esok. Hari dimana jantung kita terasa berdebar lebih cepat dari biasanya. Hari dimana kita tidak sabaran untuk segera menemui hari itu. Itulah sesuatu yang disebut istimewa menurut saya. Ada beberapa hari, diantara 365 hari dalam setahun yang kita tandai. Saya pun memilikinya. Beberapa hari istimewa, entah itu berisi kesenangan atau berbalut kesedihan. Karena sesuatu yang istimewa tidak selalu berisi tawa. Sayangnya tidak semua orang bisa paham akan apa yang kita sebut istimewa. Saya berkata setiap kamis istimewa belum tentu orang pun dapat beranggapan sama atau minimal memahami apa yang kita rasakan saat menghadapi hari itu. Seharusnya saya dapat memahami hal itu, tidak merasa keberatan ketika orang lain menganggap hari itu adalah hari yang biasa saja. Tidak berhak