Langsung ke konten utama

SD, begitu banyak cerita, begitu banyak gaya!


kejebak ujan, di unyet, dosennya ga ada pula, jauh-jauh bertarung menghadapi panasnya hari, jauhnya jarak dari kopo-setiabudi, macet, dan godaan-godaan lain buat bolos, taunya dosennya gag ada. Tadi pagi gue ngeliat foto-foto jaman dulu. Ketawa-ketawa gag jelas, ngeliat gaya-gaya orang yang aneh-aneh, dengan style yang gaul di jamannya. Masalah gaul, beberapa minggu ini kata-kata ini sering muncul dalam obrolan temen-temen gue, jadi inget lagi, apa-apa yang dianggap happening, waktu dulu. Ok, saatnya mulai, tapi yang seinget gue aja ya.

SD

[Sebelumnya, hal-hal yang dianggap keren waktu SD di lingkungan sekitar gue, jadi kalo ada yang ngerasa, waktu dulunya gag terkena trend ini, ya bukan salah gue menyampaikan informasi]


SD, begitu banyak cerita, begitu banyak gaya!

Dimulai dari tontonan, waktu SD, tontonan yang paling happening tuh mulai dari Doraemon, Power Rangers [dengan berbagai seri-nya], Ksatria Baja Hitam, Sailormoon, Detektif Conan, Amigos, Digimon, dan lainnya.





Tapi yang emang paling sering diomongin tuh dan dijadiin celotehan-celotehan di sekolahan, adalah, jamannya Amigos, Digimon, dan Smack Down. Mulai dari Amigos, ya ampun, gag terduga sebelumnya kalo serial ini bakalan menghipnotis sekolah gue jaman dulu, sebenernya hampir semua murid di sekolah gue pasti tau yang namanya Amigos, minimal tau lah nama Anna dan Pedro, meskipun cewek-cewek lebih histeris, dan cowok-cowok yang banyak menganggap itu tontonan cewek, pura-pura gag peduli, tapi tetep nonton, dan hapal betul jalan ceritanya kala itu.


Digimon, kartun yang ditayangin di Indosiar ini menyedot perhatian temen-temen SD gue waktu itu, apalagi Digimon 2, yang bikin kita sering pura-pura jadi salah satu digimonnya, agumon, dan kawan-kawan sukses bikin anak SD kala itu suka pengen berubah, atau jogress [bahasa anak SD], dan saat pura-pura berubah, secara ga sadar musiknya terdengar di kepala masing-masing, bener-bener menghayati. Apalagi keluarnya mainan digivice [gag tau nulisnya gmn, kalo salah maap], begh bikin tangan anak-anak kala itu berotot, gimana ga, tiap kari kerjaanya ngocok-ngocok tuh mainan. Smack Down, gag boleh ketinggalan, acara ini, bikin gue tergila-gila ama pemain-pemainnya, walaupun tau itu boongan, tapi tetep aja bikin kesemsem, sampe-sampe gue beli kaos nya Stone Cold, ama Undertaker, dan parahnya lagi, sering gue praktekin di kelas, tapi hebatnya gak ada yang sampe celaka kayak anak SD sekarang, yang nonton Naruto aja ampe cedera.




Masalah penampilan, waktu SD, musim banget rambut belah tengah, belah pinggir tuh norak dan culun waktu itu, barang sapa yang belah tengahnya sukses, bearti keren. Gue pun sempet nyoba, dan sempet bangga dengan rambut model ini, tapi pas tadi pagi liat fotonya, wuanjrid, jelek banged, dari belah tengah beranjak ke gaya rambut ala tin-tin, dengan poni diangkat keatas, berharap jadi lebih keren, dan waktu itu belum banyak produk gel rambut, jadi biar tintinnya ga make duid lagi, rela degh, nyisir dengan posisi sisir trusn ngangkat poni, jadi biar waktu rambut dilepas, rambut tetep bediri.

Dari rambut beralih ke Fashion, dulu sempet nge-tren banged kaos yang ada lampu-lampunya, jadi kalo malem-malem di kaos itu lampunya keliatan kelap-kelip, dan kaos itu pake baterei, bayangin ga seh ribetnya di dalem kaos ada kabel-kabel?
Selaen kaos berlampu, dulu juga sempet musim banget, yang namanya celana Alien Workshop, tau gag? Sejenis celana PDL, ada garis-garis di samping celana lengkap dengan gambar dan tulisan Alien Workshop. Sempet juga celana ala rapper musim banget.
Dan barang-barang yang sempet [musti] dipunya ama temen-temen SD gue adalah binder, tapi dengan ukuran yang lebih kecil, ga tau kenapa kalo punya itu keren aja. Ga ketinggalan jam G-shock yang katanya water resistant, taunya dimasukin ke air bentar lansgung koit [iya da jam nya palsu].

Playstation, Warnet, juga hal yang lumayan nge-tren meskipun rada mahal. Jadi inget pertama kali ngenal Internet, niatnya buka situs Smack Down, trus temen rumah gue bilang ada situs darah hitam, pas dibuka jeng-jeng, sekumpulan gambar-gambra cewek berbikini bahkan sampe bugil dan asli Indonesia. Yang ada gue kaget, tapi ya bareng temen-temen ya udah diterusin. Trus nyobain yang namanya Mirc, ngaku-ngaku udah kuliah, pas ditanya ASL, ga tau musti jawab apa, trus pura-pura ngajak janjian berbagai orang, [ya ampun kalo dulu sampe ada yang dateng pas janjian, taunya ga ada sapa-sapa gmna ya?].

Tidak lupa, Petualangan Sherina.

Film yang bener-bener menginspirasi anak-anak SD jaman dulu, kalo sampe ga tau, begh bener deh gag gaul di jamannya.

Mungkin trend jaman SD aja kali ya yang bisa diceritain dulu, meskipun gag semua bisa kesebut, ya yang pasti trend tuh terus berubah, dari belah tengah kepinggir, dari gombrang ke pensil, dari jaket parasut ke sweater ampe rajut, dari bonding ampe smoothing, dari tustel ampe digicam, dan bakalan terus berubah. Sampe kita ga bisa nahan perubahan itu sendiri, sampe kita dibuat pusing ama perubahan yang terus ada, sampe kita sadar sebenernya kita ga bener-bener mengalami perubahan. [ga nyambung]


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengingat

Beberapa hari ini saya banyak mengingat. Aktivitas yang kadang padatnya minta ampun, kadang juga kosongnya bikin ngelamun. Penyakit lupa saya makin menjadi, menurut mitos katanya yang pelupa itu banyak salah ama orangtua. Tapi secara ilmiah ada yang bilang orang pelupa gara-gara kebanyakan makan makanan yang banyak mengandung MSG. Ya meskipun, masih banyak lagi penyebab-penyebab lupa lainnya, yang saya pun belum tau pasti, saya menjadi pelupa seperti ini gara-gara apa. Saya mencoba meningat-ingat apa-apa saja yang terjadi beberapa hari ini, beberapa minggu ini, beberapa bulan ini, dan beberapa tahun ke belakang. Dan begitu banyak yang terjadi, sampai-sampai saya tida bisa mengingat semuanya, hanya kejadian-kejadian yang menimbulkan kesan khusus yang bisa saya ingat, itu pun samar, entah kesan baik, buruk, sedih, senang, takut, dan lainnya. Saya tidak menyangka saya sudah sampai sejauh ini, begitu banyak yang terlewati begitu saja. Saya tidak pernah menyangka apa yang ada di sekitar

Percaya Diri, Am I?

Hello, sudah lama rasanya tidak menuangkan huruf-huruf di blog ini. Daripada keburu usang dan tua saya akan mencoba menulis tentang PD. PD disini bukan mata kuliah Psikodiagnostik (sebuah mata kuliah berseri paling banyak,sampe 7 lho) yang menghiasi sanubari saya selama kuliah melainkan tentang percaya diri. Mungkin akan banyak yang bilang bahwa saya itu memiliki tingkat PD yang tinggi. Kelihatannya mungkin iya tapi nyatanya dan sejujur-jujurnya saya adalah orang yang pemalu dan mudah minder. That's the truth. Tapi sekarang bisa dibilang sudah agak mendingan dibandingkan dulu lho. Dulu waktu TK sampe SD kelas 2an saya masih suka bersembunyi dibalik ketiak Ibu saya ketika ada Om dan Tante yang ke rumah. Atau bersembunyi di kamar dengan jantung berdebar-debar karena takut ditanya (sekarang juga masih sembunyi di kamar tapi dengan alasan yang berbeda). Dan sedikit-sedikit hal itu mulai berubah ketika saya menyadari bahwa tubuh saya tidak cukup lagi untuk bersembunyi di balik ketiak Ib

Sebuah Hari Istimewa

Semua orang pasti memiliki beberapa tanggal dalam hidupnya yang dijadikan sebagai hari istimewa. Hari yang akan terasa berbeda dari biasanya. Hari dimana kita terkadang tidak bisa tidur karena tidak sabar menanti datangnya esok. Hari dimana jantung kita terasa berdebar lebih cepat dari biasanya. Hari dimana kita tidak sabaran untuk segera menemui hari itu. Itulah sesuatu yang disebut istimewa menurut saya. Ada beberapa hari, diantara 365 hari dalam setahun yang kita tandai. Saya pun memilikinya. Beberapa hari istimewa, entah itu berisi kesenangan atau berbalut kesedihan. Karena sesuatu yang istimewa tidak selalu berisi tawa. Sayangnya tidak semua orang bisa paham akan apa yang kita sebut istimewa. Saya berkata setiap kamis istimewa belum tentu orang pun dapat beranggapan sama atau minimal memahami apa yang kita rasakan saat menghadapi hari itu. Seharusnya saya dapat memahami hal itu, tidak merasa keberatan ketika orang lain menganggap hari itu adalah hari yang biasa saja. Tidak berhak