Langsung ke konten utama

Jayagiri, Hujan, dan Tangkuban Perahu



Tanggal 9 Maret 2009, tepatnya di hari Senin, dimana harusnya gue libur memperingati Maulid Nabi. Ehh malah pergi berpetualang menembus Jayagiri. Sebenernya ini emang udah direncananin dari beberapa hari yang lalu, tapi sehari sebelum keberangkatan, gue masih bingung mau pergi kemana bersama saudara Cubung. Kita belum tau mau pergi kemana, perginya jam berapa, dan lainnya. Tapi atas saran temen gue, Alita, yang nyaranin kalo pengen suasana yang beda, mending ke Jayagiri. Ya karena gue juga belum pernah kesana, dan dari ceritanya itha tampak seru, ya udah gue usulin kesana. Dengan jawaban “Sip” dari Cubung, akhirnya diputuskan kesana. Tapi gue sempet heran dan mikir, niat ga sih orang yang mau pergi am ague ini, soalnya ampe jam 9 malem aja belum tau besok mau berangkat jam berapa. Tiap di chat busy kalo ga invis, weww, gue sempet kesel. Tapi setelah mendengar beberapa penjelasan, ya gue cukup ngerti.

Jam 9.

Gue beserta Cubung berangkat naik angkot Ciroyom-Lembang, tanpa tau ongkosnya berapa dan berhenti dimana, sampe akhirnya kita diberhentiin ama supirnya, di sebuah jalan “Jayagiri”, gue sempet heran, sebelah mana gunungnya?, ini magh komplek, tapi kita terus jalan sampe akhirnya nemu tempat masuk hutan. Dengan bayar 3000, kita puas ngeliat yang namanya pohon, tanah yang licin dan bolong-bolong, dan pemandangan langit yang indah dihiasi pohon-pohon yang menjulang. Dan asli perjalanan ini jauh banged, kira-kira hampir 8 Km, awalnya kita jarang istirahat, tapi gue nya banyak ngeluh [map bung, haha], cape nya bisa ditutupi dengan foto-foto keadaan di sekitar yang gue yakin kalo pake kamera SLR, pasti jauh lebih bagus [ada yang mau beliin?]. sampe akhirnya kita nyampe di puncak sementara. Dan duduk di sebuah warung. Setelah duduk dan sedikit ngobrol ama pemilik warung, perjalanan dilanjutkan. Yagh awalnya gue pikir gue ga akan sanggup, tapi semangat menuju ujung hutan ini, mengalahkan segalanya [lebay gung]. Apalagi sebelum nyampe puncak sempet ada jalan yang rada gelap dan sempit, ditambah bumbu mistis yang Cubung lontarkan, bikin gue ngeri ama suasananya, bayangin mendung, di tengah hutan, sempit, dingin, dan Cuma be-2, apalagi pas denger cerita dikejar pocong.

Akhirnya tembus juga Jayagiri. Eits perjalanan belum selesai saudara-saudara [asa jualan], buat menuju Tangkuban Perahu, kita musti jalan lagi dimana tugh jalan sumpah nanjak banged, dengan energi yang menipis, tetep maksain jalan, padahal angkot kuning yang lewad sangat menggoda buat dinaikin. Dengan jalan terpisah gue di sisi jalan yang kanan dan Cubung yang kiri, kita tetep ngobrol, artistic bukan [jiahhh].


Tangkuban Perahu

Sampe di tempat peristirahatan. Perut udah laper. Parah. Akhirnya dengan niatan awal mecahin duid Cubung, makan aja dengan porsi kuli dan muka lusuh. Kita makan dengan semangatnya di sebuah warung nasi. Setelah perut kenyang dan Cubung kesemutan gara-gara sambel yang pedes. Kita lanjutkan perjalanan, tapi sholat dulu. Abis sholat taunya ujan gede. Terpaksa kita diem dulu nungguin ujan, selama sejam lebih. Duduk di bawah sebuah warung, sepi pula, resiko dikira homo, ga dipeduliin [haha]. Duduk, ngobrol, foto-foto. Sambil liatin ujan, dan menikmati udara dingin yang menusuk. Kita tetep nunggu. Ujannya ga berhenti total, gue sempet takut kalo-kalo angkot yang ke bawah udah ga ada lagi, kebayang kalo musti jalan lagi. Akhirnya memutuskan buat pulang. Sedikit kecewa karena ga liat Tangkuban Perahu, tapi setelah diomongin lagi, ya kita nekad buat tetep kesana. Untungnya ada mobil yang mau ke atas, sekalian kita ikut. Sampe di atas, woooow, setelah sekian lamaaa ga kesana, gue puas banget ngeliat pemandangan yang keren, dengan dikelilingi orang yang pacaran, sempet bikin ngiri. Setelah lumayan lama disana, akhirnya kita pulang dan nemu angkot yang katanya langsung Lembang, taunya, kita dioper ke angkot lain. Pas naek St.hall-Lembang, dioper lagi, dan macet pula. Bada udah capek dan ngantuk. Cubung yang asik Ym-an, sementara gue yang hp nya sekarat, Cuma diem, dan ngantuk berat. Ya sesekali masih ngobrol.

Sampe. Capek.
Tapi seru.
Mau kesana lagi?


[tenang, private collection kok, peace]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengingat

Beberapa hari ini saya banyak mengingat. Aktivitas yang kadang padatnya minta ampun, kadang juga kosongnya bikin ngelamun. Penyakit lupa saya makin menjadi, menurut mitos katanya yang pelupa itu banyak salah ama orangtua. Tapi secara ilmiah ada yang bilang orang pelupa gara-gara kebanyakan makan makanan yang banyak mengandung MSG. Ya meskipun, masih banyak lagi penyebab-penyebab lupa lainnya, yang saya pun belum tau pasti, saya menjadi pelupa seperti ini gara-gara apa. Saya mencoba meningat-ingat apa-apa saja yang terjadi beberapa hari ini, beberapa minggu ini, beberapa bulan ini, dan beberapa tahun ke belakang. Dan begitu banyak yang terjadi, sampai-sampai saya tida bisa mengingat semuanya, hanya kejadian-kejadian yang menimbulkan kesan khusus yang bisa saya ingat, itu pun samar, entah kesan baik, buruk, sedih, senang, takut, dan lainnya. Saya tidak menyangka saya sudah sampai sejauh ini, begitu banyak yang terlewati begitu saja. Saya tidak pernah menyangka apa yang ada di sekitar

Percaya Diri, Am I?

Hello, sudah lama rasanya tidak menuangkan huruf-huruf di blog ini. Daripada keburu usang dan tua saya akan mencoba menulis tentang PD. PD disini bukan mata kuliah Psikodiagnostik (sebuah mata kuliah berseri paling banyak,sampe 7 lho) yang menghiasi sanubari saya selama kuliah melainkan tentang percaya diri. Mungkin akan banyak yang bilang bahwa saya itu memiliki tingkat PD yang tinggi. Kelihatannya mungkin iya tapi nyatanya dan sejujur-jujurnya saya adalah orang yang pemalu dan mudah minder. That's the truth. Tapi sekarang bisa dibilang sudah agak mendingan dibandingkan dulu lho. Dulu waktu TK sampe SD kelas 2an saya masih suka bersembunyi dibalik ketiak Ibu saya ketika ada Om dan Tante yang ke rumah. Atau bersembunyi di kamar dengan jantung berdebar-debar karena takut ditanya (sekarang juga masih sembunyi di kamar tapi dengan alasan yang berbeda). Dan sedikit-sedikit hal itu mulai berubah ketika saya menyadari bahwa tubuh saya tidak cukup lagi untuk bersembunyi di balik ketiak Ib

Sebuah Hari Istimewa

Semua orang pasti memiliki beberapa tanggal dalam hidupnya yang dijadikan sebagai hari istimewa. Hari yang akan terasa berbeda dari biasanya. Hari dimana kita terkadang tidak bisa tidur karena tidak sabar menanti datangnya esok. Hari dimana jantung kita terasa berdebar lebih cepat dari biasanya. Hari dimana kita tidak sabaran untuk segera menemui hari itu. Itulah sesuatu yang disebut istimewa menurut saya. Ada beberapa hari, diantara 365 hari dalam setahun yang kita tandai. Saya pun memilikinya. Beberapa hari istimewa, entah itu berisi kesenangan atau berbalut kesedihan. Karena sesuatu yang istimewa tidak selalu berisi tawa. Sayangnya tidak semua orang bisa paham akan apa yang kita sebut istimewa. Saya berkata setiap kamis istimewa belum tentu orang pun dapat beranggapan sama atau minimal memahami apa yang kita rasakan saat menghadapi hari itu. Seharusnya saya dapat memahami hal itu, tidak merasa keberatan ketika orang lain menganggap hari itu adalah hari yang biasa saja. Tidak berhak